Mitos kehamilan

Pada zaman dahulu mitos tentang kehamilan sangatlah menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita.Banayak hal hal yang tidak masuk akal yang benar-benar harus dipatuhi dan dihadapi oleh wanita hamil,tapi seiiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi mitos mitos ini mulai ditinggalkan dan ulasan dibawah ini adalah sebagian dari mitos ibu hamil.

1. Ibu Hamil Suka Dandan, Bayinya Adalah perempuan.

Dari beberapa mitos yang beredar, konon katanya kalau ibu hamil yang suka dandan maka anaknya perempuan. Tetapi sebaliknya jika ibu hamil tidak suka dandan maka anaknya laki-laki. Sebenarnya mengenai dandan ataupun tidak, itu hanyalah lebih kepada sekedar keinginan saja.
Jenis kelamin buah hati lebih ditentukan oleh kromoson sang ayah.

Bila kromosom X dari sperma ayah bertemu dengan kromosom X dari sel telur ibu, maka bayi perempuan.
Bila kromosom Y dari sperma ayah bertemu dengan kromosom X dari sel telur ibu, maka bayinya laki-laki.

2. Ibu Hamil Tidak Boleh Pakai Kutek (Cat Kuku) Dan Mengecat Rambut

Sebenarnya tidak ada masalah jika ibu hamil ingin mengecat kuku dan rambut, karena tidak ada alasan medis yang dapat membahayakan janin untuk melarangnya. Mungkin maksud dari mitos ini adalah sama halnya dengan makanan, yaitu ibu hamil sebaiknyaSama halnya dengan makanan, bumil sebaiknya menghindari kontak menghindari bahan-bahan kimia.

3. Berendam Dan Berenang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil.

Secara medis, hal inipun tidak memiliki alasan yang kuat untuk melarang ibu hamil berendam ataupun bahkan berenang. Fakta lain mengatakan, berenang merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang bagus untuk ibu hamil guna mempertahankan kekuatan otot tubuh.

4. Jika Ibu Hamil Makan Dengan Piring Besar, Janin Akan Besar. Jika Ibu Hamil Makan Pakai Sendok Besar, Bibir Bayi Akan Besar Juga.

Sebenarnya, tidak ada kaitannya antara makan menggunakan piring besar dengan janin akan menjadi besar. Mungkin maksud dari mitos ini adalah, jika ibu hamil makan dengan piring yang lebih besar maka porsi makan ibu hamil akan berlebih. Yang berujung pada janin nantinya akan besar juga. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit tapi sering dengan menu makanan bergizi seimbang.
Tentang makan menggunakan sendok besar, tidak akan mempengaruhi bibir bayi. Bentuk bibir dan organ bayi lainnya diturunkan secara ginetik mengikuti ayah, ibu ataupun kombinasi keduanya.

5. Ibu Hamil mengangkat Jemuran, Janin Bisa Terlilit Tali Pusar.

Fakta yang benar adalah : mengangkat barang-barang berat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena dikhawatirkan jika ibu hamil terlalu lelah akan mempengaruhi janin dalam perutnya. Jadi, jika janin terlalu aktif bergerak, kemungkinan tali pusar yang panjang dapat melilit si janin.

6. Berhubungan Seks Saat Hamil Bisa Menyakiti Janin Dan Membuat Janin Kotor Terkena Sperma.

Hubungan seks saat hamil tidak akan menyakiti dan tidak akan membahayakan janin.
FYI (For Your Information) : di dalam perut terdapat 7 lapisan perut, rahim, ketuban dan air ketuban. Sehingga janin terlindungi dari guncangan.

7. Ibu Hamil Menutup Lubang Dapat Menyulitkan Proses Melahirkan

Secara medis, proses melahirkan itu tergantung dari Power, Passage, Passanger.
Ukuran bayi (Passanger) yang tidak terlalu besar bisa melalui jalan lahir (Passage), tapi perlu didukung kontraksi (Power) agar jalan lahir bisa dibuka.

8. Ibu Hamil Tidak Boleh Menyiapkan Perlengkapan Bayi Sebelum Melahirkan.

Menyiapkan perlengkapan bayi sebenarnya perlu dilakukan sebelum lahir, supaya ibu nantinya tidak kerepotan. Mungkin maksud larangan tersebut, yaitu ibu dan suami harus lebih fokus mempersiapkan keperluan persalinan, salah satunya adalah dana persalinan.

9. Jangan Makan Sambal, Nanti Kepala Bayi Botak

Cabe ataupun makanan yang oedas tidak akan menjadi penyebab kebotakan. tapi ibu hamil penting untuk mengurangi makan makanan yang pedas agar tidak diare.

10. Jangan Makan Nanas Dan Jeruk, Bisa Keguguran

Nanas dan jeruk penuh dengan vitamin C, serat dan dapat membantu penyerapan zat besi, serta dapat menurunkan resiko infeksi prematuritas. Namun jika berlebih (lebih dari 1000mg/hari) dapat mengakibatkan maag.

11. Ibu Hamil Jangan Potong Rambut Karena Akan Memotong Jalan Lahir Bayi

Terpotongnya rambut ibu tidak menstimulasi bayi berada di posisi salah saat melahirkan. Mungkin maksud dari pesan mitos ini adalah agar ibu meningkatkan kewaspadaan agar bisa bersalin normal.

12. Ibu Hamil Jangan Menjahit Malam-malam, Bibir Bayi Bisa Sumbing

Bibir sumbing disebabkan gizi ibu yang buruk. Pesan mitos ini sebenarnya adalah meminta ibu lebih berhati hati karena cahaya dimalam hari yang kurang dapat memperbesar resiko tertusuk jarum.

13. Ibu Hami Tidak Boleh Makan Makanan Atau minuman Berwarna Gelap Karena Dapat Menyebabkan bayi Hitam

Sesungguhnya, warna kulit bayi ditentukan oleh fator ginetik kedua orangtuanya.

14. Ibu Hamil Duduk Atau Berdiri Di Depan Pintu Dapat Mengakibatkan Kelahiran Cesar

Duduk atau berdiri di depan pintu selain menghalangi oran gmasuk dapat menyebabkan ibu masuk angin dan kedinginan. Karena pintu adalah salah satu jalu keluar masuk aning.

15. Ibu Hamil Tidak Boleh Menyiksa Atau Membunuh Binatang Karena Bayi Akan Menyerupai Binatang Yang Disiksa Atau Dibunuh Tersebut.

Sekali lagi, secara medis hal ini tidak teuji kebenarannya karena rupa bayi diturunkan oleh faktor ginetik kedua orangtuanya. Namun dibalik mitos ini perlu diambil pesan moralnya, yaitu : Perilaku ibu dan suami dihimbau untuk dapa tmengendalikan emosi agar tidak menjadi contoh yang buruk bagi anak.
Mitos diatas tidak boleh dipercaya begitu saja karena hal itu sungguh tidak masuk akal,faktor kesehatan bayi dalam kandungan justru tergantung dari apa yang dikonsunmsi oleh ibu selama kehamilan,cuma yang perlu diperhatikan adalah selama kehamilan sang ibu harus sering konsultasim kmedokter minimal 1 bulan sekali guna meminimalisir gangguan yang terjadi selama kehamilan

1 komentar:

judi bola online said...

waghh ternyata hal itu hanya mitos ya gan,, hehehehehampir semua ibu hamil kepikiran akan hal seperti itu gan hehe

Post a Comment

 
Nurul's Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting